Selasa, 11 November 2014

Definisi HUMAS (Hubungan Masyarakat)

Sebelumnya terima kasih banyak kepada para "peselancar google" karna dari komentar - komentar mereka yang berkunjung ke blog saya yangn beralamatkan pr-teoridanpraktik.blogspot.com , membuat saya bersemangat lagi untuk melengkapi isi dari blog ini.

Pada tulisan ini, materi yang akan dipublikasikan merupakan pengertian Humas (Hubungan Masyarakat) dari beberapa ahli. Tulisan ini memang tidak banyak, karena tujuan dari tulisan ini adalah sebagai pembanding dari tulisan sebelumnya yang berjudul "Definisi Public Relations Menurut Para Ahli". Tujuan lain dari diterbitkannya tulisan yang berjudul "Definisi HUMAS" ini yaitu ingin memberikan wawasan pembanding kepada para pencari materi tentang Public Relations, mengenai perbedaan Public Relation dengan HUMAS (Hubungan Masyarakat) dari segi definisinya.

Berikut beberapa definisi HUMAS menurut beberapa ahli :

Menurut Effendy (2006:23) “Hubungan masyarakat adalah komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerja sama dan pemenuhan kepentingan bersama.”

Menurut Frida Kusumastuti (2004:10) “Humas adalah aktivitas komunikasi dua arah dengan publik (perusahaah/organisasi), yang bertujuan untuk menumbuhkan saling pengertian, saling percaya, dan saling membantu / kerja sama.

Ruslan (2010:341) menjelaskan mengenai Humas Pemerintah  sebagai berikut Perbedaan pokok antara fungsi dan tugas Hubungan Masyarakat (humas) yang terdapat di instansi pemerintah dengan non pemerintah (lembaga komersial) adalah tidak adanya unsur komersial walaupun Humas Pemerintah juga melakukan hal yang sama dalam kegiatan publikasi, promosi dan periklanan. Humas Pemerintahan lebih menekankan pada public services atau demi meningkatkan pelayanan umum.

Menurut Jefkins dalam Sitepu (2011:3) “Humas adalah sesuatu yang merangkum keseluruhan komunikasi yang terecana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.”

Dari pengertian - pengertian yang telah diungkapkan oleh beberapa penulis diatas, dapat disimpulkan bahwa HUMAS baik di pemerintahan/ lembaga/ organisasi itu tidak jauh beda dengan Public Relations suatu perusahaan. Hal itu dibuktikan karena keduanya tetap melaksanakan beberapa  kegiatan kehumasan atau program Public Relations yang bertujuan pembentukan image positif, menjalin hubungan baik dan pembentukan pencintraan lembaga/ organisasi/ perusahaan. Hal yang terlihat berbeda hanya pada HUMAS pemerintah lebih cenderung melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan prima baik secara informasi maupun solusi demi kepentingan masyarakat luas. sedangkan pada Public Relations, lebih kepada pelayanan komersil yang dilakukan hanya pada pelanggan (customer) perusahaannya saja, baik berupa jasa maupun barang sebagai produk dari perusahaan tersebut.

Sekian tulisan ini mengenai Definisi HUMAS pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pemula di bidang Public Relations dan mudah - mudahan dapat membantu tugas - tugas mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, khusunya konsentrasi Public Relations (Kehumasan). Berikut saya lampirkan daftar pustaka sebagai bahan referensi :

1. Effendy, Onong Uchjana. 2006. Hubungan Masyarakat : Suatu Studi Komunikasi.  Bandung : Remaja Rosdakarya

2. Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar-dasar Humas. Jakarta : Ghalia Indonesia

3. Ruslan, Rosady. 2011. Etika Kehumasan Konsepsi & Aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

4. Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta : Erlangga
 
 

2 komentar:

  1. halo kak, ingin bertanya jikalau saya ingin pinjam atau beli buku frida kusumastuti judul bukunya dasar dasar humas apakah dibolehin?

    BalasHapus
  2. Terimakasih kak informasinya.

    Mampir guys kalo kalian suka dengan bahasan Teknologi

    BalasHapus