Dalam setiap bidang pekerjaan, sudah secara otomoatis terdapat ruang lingkup bidang pekerjaan. Ruang lingkup ini merupakan hal - hal apa saja yang akan dikerjakan atau menjadi sasaran kegiatan Public Relations. Ruang lingkup Public
Relations terbagi dua, yaitu eksternal public relations dan internal public
relations.
Berikut penjelasan Ruang Lingkup Public Relations yang dikutip dari beberapa buku :
Ruslan (2010:22-23) menjabarkan adapun Ruang lingkup tugas Public Relations
dalam sebuah ornganisasi/lembaga antara lain meliputi aktivitas sebagai berikut
:
a. Membina
hubungan ke dalam (publik internal)
Yang dimaksud dengan publik internal adalah publik yang
menjadi bagian dari unit/badan/perusahaan atau organisasi itu sendiri. Seorang
PR harus mampu mengidentifikasi atau mengenali hal-hal yang menimbulkan
gambaran negatif di dalam masyarakat, sebelum kebijakan itu dijalankan oleh
organisasi.
b. Membina
hubungan ke luar (publik eksternal)
Yang dimaksud publik eksternal adalah publik umum
(masyarakat). Mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran publik yang positif
terhadap lembaga yang diwakilnya.
Menurut Effendy (2006:107) publik sasaran dari kegiatan humas terbagi menjadi dua jenis kelompok besar, yakni publik intern dan publik ekstern. Penjelasannya adalah sebagai berikut :
1) Hubungan
dengan publik intern
Publik intern sebagai sasaran
humas terdiri atas orang-orang yang bergiat di dalam organisasi (perusahaan,
instansi, lembaga, badan, dan sebagainya) dan yang secara fungsional mempunyai
tugas dan pekerjaan serta hak dan kewajiban tertentu.
2) Hubungan
dengan publik ekstern
Publik ekstern sebagai sasaran kegiatan humas terdiri atas orang-orang atau anggota-anggota masyarakat di luar organisasi, baik yang ada kaitannya dengan organisasi maupun yang diharapkan atau diduga ada kaitannya dengan organisasi.
Demikian materi Ruang Lingkup Public Relations yang dikutip dari beberapa buku. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di tulisan yang selanjutnya.
Daftar Pustaka :
1. Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : Rajagrafindo Persada
2. Effendy, Onong Uchjana. 2006. Hubungan Masyarakat : Suatu Studi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Publik ekstern sebagai sasaran kegiatan humas terdiri atas orang-orang atau anggota-anggota masyarakat di luar organisasi, baik yang ada kaitannya dengan organisasi maupun yang diharapkan atau diduga ada kaitannya dengan organisasi.
Demikian materi Ruang Lingkup Public Relations yang dikutip dari beberapa buku. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di tulisan yang selanjutnya.
Daftar Pustaka :
1. Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : Rajagrafindo Persada
2. Effendy, Onong Uchjana. 2006. Hubungan Masyarakat : Suatu Studi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya
terimakasih, sangat membantu
BalasHapusTerima Kasih Nasya Jennita atas komennya. Membuat saya bersemangat lagi untuk melengkapi blog dengan dunia PR.
Hapusmaaci
Hapusbermanfaat sekali
BalasHapus