Selasa, 04 Juni 2013

Definisi Public Relations Menurut Para Ahli

Terbitan kali ini akan membahas mengenai pengertian-pengertian atau beberapa definisi mengenai Public Relations (PR) dari beberapa para pakar di dunia maupun Indonesia. Definisi-definisi itu dikutip dari beberapa buku yang berkaitan dengan Public Relations.

Pertama-tama yaitu ulasan definisi Public Relations (PR) dari beberapa pakar di dunia, antara lain :

Menurut Dr. Rex Harlow dalam Ruslan (2010:16) Public Relations (PR) adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerja sama; melibatkan manajemen dalam menghadapi persoalan/permasalahan, membantu manajemen dalam mengikuti dan memenfaatkan perubahan secara efektif; bertindak sebagai sistem peringatan dini dalam mengantisipasi kecenderungan penggunaan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama.

Menurut Cutlip dan Center dalam Effendy (2009:116) PR adalah fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanaan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk meraih pengertian dan dukungan publik.

Definisi Public Relations menurut International Public Relations Association (IPRA) dalam Rumanti (2005:11), PR merupakan fungsi manajemen dari sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan oleh organisasi-organisasi, lembaga-lembaga umum dan pribadi dipergunakan untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang ada hubungan dan diduga akan ada kaitannya, dengan cara menilai opini publik mereka, dengan tujuan sedapat mungkin menghubungkan kebijaksanaan dan ketatalaksanaan, guna mencapai kerja sama yang lebih produktif, dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan penerangan yang terencana dan tersebar luas.

Definisi Menurut (British) Institute of Public Relations (IPR) dalam Frank Jefkins (2003:9) PR adalah keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik (good-will) dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayak.

Definisi Menurut Frank Jefkins (2003:9) PR adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian. 

Selanjutnya, beberapa pengertian Public Relations atau Humas dari beberapa pakar komunikasi di Indonesia, antara lain :

Menurut Edy Sahputra Sitepu (2011:2) menjelaskan Public Relations (PR) dalam makna yang sederhana adalah tatap muka (hubungan) antara kelompok-kelompok dalam suatu tatanan masyarakat.

Menurut Maria Assumpta Rumanti (2005:7-8) PR adalah kegiatan atau aktivitas yang proses kegiatannya melalui empat tahap, yaitu penelitian yang didahului penemuan, analisis, pengolahan data dan sebagainya; perencanaan yang direncanakan; pelaksanaan yang tepat; evaluasi, penilaian setiap tahap dan evaluasi keseluruhan.

Menurut Onong Uchjana Effendy (2006:23) Hubungan Masyarakat (Humas) adalah komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerjasama dan pemenuhan kepentingan bersama.

So, demikian penulisan dalam sesi definisi PR Menurut Para Ahli. Kurang lebihnya mohon komentar, kritik dan sarannya guna menunjang lebih baiknya tulisan yang saya buat. Semoga bermanfaat juga untuk kawan-kawan yang mendalami ilmu tentang Public Relations (PR).

See you next session.

Daftar Pustaka :
1. Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers

2. Effendy, Onong Uchjana. 2009. Human Relations & Public Relations. Bandung : Mandar Maju

3. Rumanti, Maria Assumpta. 2005. Dasar-dasar Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta : Grasindo

4. Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta : Erlangga

5. Sitepu, Edy Sahputra dan Faulina. 2011. Profesional Public Relations. Medan: USU Pers

6. Effendy, Onong Uchjana. 2006. Hubungan Masyarakat : Suatu Studi Komunikasi.  Bandung : Remaja Rosdakarya

5 komentar:

  1. kalau pengertian Public Relations Writing menurut para ahli?

    BalasHapus
  2. lampirin referensinya juga dong sis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok. mohon ditunggu ya. Terima Kasih atas masukannya.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Ok nanti akan saya perbaiki lagi dan di tambah daftar pustaka. Terima Kasih

      Hapus